SELAMAT DATANG DI PETARUNG JALANAN INDONESIA
Halaman ini merupakan fan blog game pertarungan ternama, STREET FIGHTER. Segala pembahasan yang ada di blog ini berkutat pada hal-hal yang berbau Strert Fighter,baik itu game, film, komik, ata hal-hal lain yang berkaitan dengan asal muasal game ini. Jadi bagi yang yang berminat, silahkan bergabung dan berpartisipasi pada blog ini. 
Are you ready..... FIGHT!!!!!

Senin, 01 November 2010

KENAPA RYU DAN KEN MIRIP???


Pertanyaan ini sangat sederhana tapi bagi gamer tentunya cukup menggelitik dan bisa menjadi beban pikiran. Bagi yang pernah bermain Street Fighter II: The World Warrior yang original keluaran tahun 1991 mungkin sedikit heran kenapa Ryu dan Ken seolah-olah merupakan karakter "copy carbon" yang cuma beda kostum saja. Lalu mungkin ada juga yang suuzhon "Kurang kerjaan amat tuh Capcom. Ngak kreatif...". Sabar... sabar.... Berikut adalah jawabannya:



Sebenarnya alasan penggunaan karakter yang identik seperti Ryu dan Ken cukup sederhana, yakni keterbatasan teknologi saat itu. Perlu diingat bahwa kapasitas dan memori mesin arcade pada awal 90-an belum secanggih yang ada saat ini. Akibatnya pemain tidak bisa memilih karakter yang sama saat bermain berdua. Membuat pemain dapat memilih karakter yang sama, tentunya diperlukan memori yang lebih besar. Karena itu, agar tidak terlalu mengecewakan konsumen, pihak Capcom sengaja menempatkan satu karakter yang identik yakni, Ken sebagai "duplikat" Ryu agar pemain kedua juga sekurang-kurangnya masih bisa menikmati karakter yang sama meskipun tampilannya berbeda. Kenapa harus Ryu dan Ken yang identik? Mengapa tidak Chun-Li, Gulie, Blanka, dsb?Ya jelas aja, karena mereka lebih senior dari mereka (ingat Ryu dan Ken sudah ada sejak 1987), he he he ^o^

Seiring dengan perkembangan zaman, kapasitas dan mesin arcade terus meningkat dan tentunya pemilihan karakter yang sama bukan kendala lagi. Lalu masih relevankah si kembar Ryu dan Ken. Well di situlah liciknya pihak Capcom. Agar Ken tidak kehilangan pesona dibandingkan dengan sumber duplikatnya, Ryu maka dua karater ini pun kemudian dibuat berbeda. Ryu lebih dititik beratkan pada Hadouken dan power sedangkan Ken lebih mahir dalam Shouryuken dan kecepatan. Sistem Super Combo yang diperkenalkan pada Super Street Fighter II Turbo juga kelak menambah difrensial kedua karakter ini pada akhirnya.

So masih ragu kenapa Ryu dan Ken itu mirip?(GlontorPro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar